RSS

Jakarta Punya Gubernur Baru

12 Okt

Sebentar lagi Jakarta akan punya Gubernur Baru, setelah melalui perhelatan akbar Pilgub 2(dua) putaran yang diikuti 6(enam) pasangan cagub dan cawagub dengan menyedot dana APBD DKI Jakarta tidak kurang dari 258 milyar. Pilgub DKI memang bukan sembarang pilgub, karena DKI Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia merupakan etalase Indonesia di mata dunia, bahkan bagi partai-partai pengusung, jika mampu memenangkan Jakarta sama seperti menguasai Indonesia, sehingga keinginan menjadi orang nomer satu DKI Jakrta ini tidak hanya datang dari orang Jakarta sendiri, tetapi orang luar Jakartapun juga ikutb ambil bagian kompetisi perebutan kursi panas DKI Jakarta. Diantara kondidat yang datang dari luar Jakarta adalah Alex Nurdin yang masih menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan, diusung oleh Golkar dan P3, dan Joko Widodo(jokowi) yang masih aktif sebagai Walikota Solo, dicalonkan oleh PDIP dan Gerindra, calon lainnya Foke sebagai incumbent diusung Demokrat, Hidayat Nur Wahid mantan Ketua MPR diusung PKS, bahkan yang gak punya partaipun  juga maju melalui jalur idependent/perseorangan, seperti; Faisal Basri(ekonom) dan Hendardji Soepandji(purnawirawan).

Setelah melalui hiruk pikuk kampanye yang cukup menegangkan dengan saling ejek antar timses kondidat incumbent dengan timses kondidat penantang dengan cara mengembuskan  isyu sara maupun unggul-unggulan program merakyat, akhirnya dengan takdir Alloh SWT mayoritas rakyat Jakarta  menjatuhkan pilihan kepada Joko Widodo(jokowi) dan  Basuki Tjahja Purnama(ahok) sebagai pemenangnya, yang mengusung slogan “Jakarta Baru” dengan perolehan suara 54%.

Gubernur baru ini rencananya akan dilakukan pelantikan pada hari Senin, 15 Oktober 2012 yang menelan dana kurang lebih 500 juta, cukup banyak memang kalau dipikir-pikir, wong hanya mengucapkan sumpah aja kok sampai menelan biaya segitu banyak, tetapi itu sudah berkurang banyak dibandingkan dengan rencana sebelaumnya yang dianggarkan sekitar 1,05 milyar.

Usai pelantikan nanti, rakyat Jakarta tinggal menunggu janji-janji Jokohok sewaktu kampanye; “Dukungan sudah kami berikan, kami menunggu janjimu” . Apakah Jokohok mampu memenuhi harapan masyarakat Jakarta dan sekitarnya? Apakah kompleksitas permasalahan Jakarta yang krusial(seperti;banjir, macet, kumuh, semrawut, dan birokrasi masih pakai pungli) bisa diatasinya?, Jakarta Baru seperti apakah yang akan diwujudkan dalam 5(lima) tahun ke depan? Langkah seperti apakah yang akan dilakukan dalam 100 hari pertama, satu tahun pertama, dua tahun pertama dan hasil akhir masa jabatan selama 5(lima) tahun? Akankah  janji-janji yang diucapkan di masa kampanye menjadi kenyataan, sehingga memberi kepuasan para pendukung dan masyarakat Jakarta pada umumnya?

Jakarta tidak sama dengan Solo. Tingkat kompleksitas permasalahan Jakarta jauh dari Solo. Tentunya style of leadhership yang digunakan ketika memimpin Solo, tidak serta merta mudah diterapkan untuk merubah style birokrasi Jakarta yang telah mengakar dan penyelesaian permasalahan Jakarta yang sudah begitu kompleks dan krusial. Jika Jokohok betul-betul punya komitmen tinggi untuk memenuhi janjinya ketika kampanye dan mau bekerja dengan extraordinary yang dibarengi jiwa pengorbanan waktu dan tenaga dengan mengesampingkan kepentingan pribadi dan keluarga maupun partai yang mengusungnnya, InsyaAlloh Bisa

Sebagai rakyat biasa yang menumpang mengais rizki di Ibukota seperti masyarakat lainnya sangat berharap agar pemimpin baru ini tidak hanya omong doang, tetapi mampu menjadikan Jakarta  sebagai kota Megapolitan yang agamis, nyaman, manusiawi, bersih, maju dan mensejahterakan

Selamat dan Sukses menjadi Gubernur DKI Jakarta 2012-2017

Rakyat Jakarta menanti realisasi janjimu

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Oktober 2012 in Coretanku Terkini

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: