RSS

Perbedaan itu suatu Keniscayaan

15 Feb

Imam Syahid Hasan Al-Banna, tokoh pendiri jamaah Ikhwanul Muslimin di Mesir berpendapat bahwa perbedaan dalam berbagai cabang agama merupakan suatu yang niscaya, tidak mungkin kita bisa bersatu dalam masalah-masalah cabang, pendapat dan madzab, hal ini disebabkan adanya beberapa hal;

1. Perbedaan Intelektualitas

Perbedaan intelektualitas ini meliputi; kekuatan dan kelemahan dalam menyimpulkan hukum, pemahaman dan ketidakfahaman terhadap berbagai indikasi, pendalaman makna dan kemampuan merangkai sebagian hakekat dengan hakekat lain.

Agama ini merupakan ayat-ayat, hadits-hadits dan nash-nash yang ditafsirkan oleh akal sesuai bahasa dan kaidah kaidahnya, sementara kemampuan manusia benar-benar tidak sama.

2. Adanya keluasaan dan sempitnya ilmu.

Suatu ilmu terkadang sudah sampai kepada sesorang tetapi belum tentu sampai kepada orang lain, karena faktor geografi dan waktu.

3. Perbedaan Lingkungan

Seorang imam madzab di suatu tempat  dan lingkunganyang berbeda dapat memberi fatwa yang berbeda dalam suatu masalah yang sama, tetapi tetap bersumber pada nash yang benar, contohnya Imam Syafi’i memberi fatwa al-qoul al-gadim(pendapat lama) saat di Irak dan memberi fatwa al-qaul al-jadid(pendapat  ketika di Mesir.

4. Perbedaan Tingkat Keyakinan Hati pada Riwayat hadits yang disampaikan

Terkadang mendapati perawi hadits ini terpercaya menurut imam ini, sehingga hatinya tentram dan mantab menerima riwayat hadits, tetapi terkadang perawi ini cacat menurut imam yang lain.

5. Perbedaan dalam menentukan tingkat kekuatan dalil

Seorang ulama ada yang menganggap amal manusia lebih diutamakan daripada hadits ahad(hadits yang diriwayatkan satu orang), sementara ulama lain tidak sependapat dengannya.

(sumber buku Risalah Pergerakan)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Februari 2012 in Pemikiran Hasan Al-banna

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: